Senin, 04 Januari 2016

Cara Bikin Kapurung

Kapurung adalah sejenis makanan pokok bagi penduduk Luwu Sulawesi Selatan.  Cara bikinnya sangat simple yaitu dengan mencampurkan air mendidih dengan larutan sagu.  Larutan sagu adalah percampuran antara sagu dengan air dengan perbandingan 2 bagian sagu dan 1 bagian air.  Sebagai patokannya adalah aduklah campuran sagu secara merata lalu angkat adukannya.  Jika tetesan larutan dengan kecepatan 1 tetes dalam 5 detik, maka larutan tersebut pertanda siap untuk dicampurkan dengan air mendidih untuk menghasilan kapurung.

Cara menyiramkan dengan air mendidih adalah dengan cara perlahan.  Jika larutan sudah mulai nampak membeku, lanjutkan dengan menaduk-aduk larutan secara merata sampai benar-benar menyatu antara larutan sagu dengan air mendidih tadi.  Setelah larutan sudah cukup yang ditandai dengan meratanya larutan dalam arti tidak tampak lagi larutan keputihan tersendiri, lanjutkan dengan membentuk kapurung menjadi butiran seperti bola pingpong atau sebesar bakso.  Cara membulatkannya yaitu dengan menggunakan stick kecil yang disebut dengan pidui sebanyak 2 buah dengan panjang kurang lebih 25 cm.  Kedua ujung alat ini disentuhkan pada permukaan kapurung lalau diputar-putar saling melingkar sehingga terbentuk bulatan kapurung.  Bulatan kapurung lalu di-cat kemudian dipindahkan ke wadah yang lain yang berisi kuah sayur atau kuah ikan/daging sesuai selera. Lakukan prosesi mendui ini secara berulang-ulang sampai seluruh kapurng habis berpindah ke wadah yang berkuah tadi.

Setelah prosesi cara bikin kapurung ini selesai pada tahap mendui, tahap selanjutnya adalah memberi sambel pada larutan kapurung hasil dui.  Cara membuat sambelnya adalah dengan menumbuh cabe kriting dicampur dengan cabe rawit sesuai dengan kemampun terhadap tingkat kepedasan.  Setelah ditumbuk halus, bubuhilah bulatan-bulatan kapurung dengan sambal yang sudah disiapkan tadi.  Banyak disesuaikan dengan selera saja. Tahap selanjutnya adalah pemberian garam.  Bagi yang sudah sering masak sudah pasti dapat mengira-ngira sebanyak apa garam yang dibutuhkan.

Belum selesai sampai di situ.  Cara bikin kapurungnya masih harus dilanjutkan lagi dengan memberi perasan jeruk limau jika suka.  Labu dicicipin terlebih dahulu.  Jika semuanya sudah seimbang antara cabe, garam, asam, selanjutnya adalah menambahkan sayuran dengan tipe bening ke dalam bulatan-bulatan kapurung kemudian diaduk hingga merata.  Campurkan juga ikan tongkol bakar atau diasapin jika ada untuk menambah kenikmatannya.  Sampai pada tahap ini kapurung siap untuk dihidangkan.

Yang Boleh dilakukan selama makan kapurung adalah menambah jika masih kurang kenyang.  Tetapi disamping ada yang dibolehkan ada boleh yang dipantang dalam meinum kapurung yaitu kapurung tidak boleh dikunya, melainkan ditelah saja.  Sebab kalau dikunya rasanya menjadi tidak enak.

Demikian artikel cara bikin kapurung, selamat mencoba minum kapurung, bukan makan kapurung.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar